Cara Membangun Channel YouTube Untuk Pemula

Cara Membangun Channel YouTube Untuk Pemula

Membangun channel youtube tidaklah mudah bagi pemula, butuh perjuangan keras agar channel yang dibangun mencapai target yang diinginkan. Terlebih lagi setiap tahunya persaingan juga semakin meningkat.

Agar Channel YouTube yang kita buat tetap bertahan dan eksis, diperlukan usaha yang keras. Mulai dari membuat dan mengupload video setiap hari sampai membuat iklan promosi agar banyak dikunjungi orang.
Untuk itu, saya akan membagikan beberapa tips untuk kalian yang ingin membangun channel youtube dari awal hingga sukses.

Apa Yang Harus Dilakukan Oleh YouTuber Pemula?

1. Tentukan Jenis Konten Anda

Cara pertama yaitu silahkan tentukan jenis konten yang akan anda buat. Usahakan pilihkan konten yang anda kuasai. Dengan membuat konten yang anda sukai maka kita tidak akan pusing lagi untuk membuat video selanjutnya.
Contoh:
  • Anda sangat suka memasak, maka konten yang biasa anda pilih adalah Memasak
  • Anda sangat menyukai perkembangan dalam bidang teknologi, maka dari itu konten dengan jenis teknologi bisa menjadi pilihan.
  • Anda sangat mehir dalam membuat video animasi, untuk itu anda bisa mencoba membuat konten dengan video animasi yang anda buat.

2. Buat Konten Video Seunik Mungkin

Jika sudah menentukan jenis konten anda, selanjutnya adalah membuat video sebagus dan seunik mungkin. Mungkin sudah banyak channel yang membahas konten yang dipilih, tetapi dengan membuat video yang unik, maka orang lain akan tertarik dan menonton video anda.

3. Buat Ciri Khas Video di Channel YouTube Anda

Pastikan pula, bahwa video yang anda buat memiliki cirikas yang membedakan dengan channel sebelah. Yang saya maksud ciri khas adalah tentang cara anda melafalkan/dubing, cara pembawaan video, serta gerakan dan background/hiasan video anda.

4. Optimasi Channel YouTube Anda

Langkah selanjutnya yaitu dengan cara mengoptimasi channel youtube, dengan mengoptimasi channel anda kemungkinan besar video yang tadinya sepi penonton lambat laun akan mendapatkan banyak penonton.
Cara Optimasi Channel Youtube:
  • Buat & Upload video dengan kata kunci yang berhubungan dengan konten anda.
  • Buat Channel Youtube dengan 1 Niche saja.
  • Hubungkan satu video dengan video lainya.
  • Riset kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi.
  • Berikan kata kunci di bagian Judul dan Deskripsi video anda.
  • Buat pengunjung merasa bertah menonton video anda (Semakin lama video ditonton semakin besar pula kesempatan video kita direkomendasikan oleh algoritma youtube.)

5. Share Video di Grup dan Komunitas Yang Berhubungan Dengan Konten Anda

Jika semua sudah dirasa kurang mendapatkan traffic, maka langkah selanjutnya adalah dengan cara sare video anda ke berbagai Grup dan Kmunitas yang berhubungan dengan videoo yang dibuat. Pastikan pula video yang telah dibuat menyelesaikan masalah user yang menonton video anda.
Itulah 5 cara membangun channel youtube untuk pemula, Kalian bisa share pengalaman anda di kolom komentar dan bertanya mengenai masalah channel youtube disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *