Cara Mengatasi HP Ngelag

Cara Mengatasi HP Ngelag Dijamin Langsung Lancar!

Kenapa dan bagaimana cara mengatasi hp ngelag dan lemot? sebenarnya ada berbagai faktor yang mendasari hal tersebut, beda tipe hp beda juga cara penangananya.

Sebagai contoh hp xiaomi, vivo, atau oppo anda lemot, ada beberapa penanganan khusus yang bisa anda lakukan. Namun kita harus mengetaui penyebabnya terlebih dahulu.

Jika kita tidak mengetahui apa penyebabnya, lalu bagaimana cara mengatasinya? oleh sebab itu kita perlu riset terlebih dahulu.

Penyebab HP Ngelag Atau Lemot

Cara Mengatasi HP Ngelag Dijamin Langsung Lancar!

Mengapa hp bisa lemot? ada banyak faktor yang mendasari hal tersebut Jika kalian ingiin tau, berikut adalah 9 penyebab hp ngelag dan lemot:

1. Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi

Perlu kalian ketahui bahwa terlalu banyak menginstall aplikasi akan memperlambat kinerja ponsel yang mengakibatkan penurunan performa dan menjadi ngelag atau lemot.

2. Spesifikasi HP Kurang Mumpuni / Terlalu Jadul

Hp dengan spesifikasi yang lerlalu minim atau terlalu jadul juga menjadi penyebab utama terjadinya hal itu, hal ini dikarenakan aplikasi-aplikasi jaman sekarang membutuhkan hardware yang bagus.

3. Terlalu Banyak Cache Yang Menumpuk

Terlalu banyak cache yang menumpuk juga akan berakibat fatal untuk kelancaran hp. Hal ini karena jika terlalu banyak cache maka akan menguras lebih banyak penyimpanan internal yang mengakibatkan menurunya kinerja ponsel dan menjadi ngelag atau lemot.

4. Memory RAM Penuh dan HP Menjadi Ngelag

Memory ram penuh bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, mulai dari terlalu memaksakan membuka aplikasi yang diatas spesifikasi hp, ataupun bisa juga dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.

5. Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, itu akan membuat penyimpanan ram menjadi penuh dan kadang sampai macet. Sebagai contoh anda menginstall aplikasi WA, FB, Twitter, Telegram, dan media sosial lainya.

Aplikasi-aplikasi sejenis itu sudah dapat dipastikan selalu berjalan di latar belakang. Ciri-cirinya adalah jika ada pesan baru pasti akan ada notifikasi yang muncul di layar hp anda.

6. Menggunakan Wallpaper Atau Tema Bergerak

Menggunakan Live Wallpaper atau tema bergerak juga terlalu memakan banyak ram. Hal ini karena wallpaper bergerak membutuhkan konsomsi ram yang lebih dibandingkan dengan menggunakan wallpaper biasa.

7. Menggunakan Launcher Yang Berat

Apa itu Launcher? Launcher itu mudahnya seperti tampilan home page dari hp anda. Contohnya seperti Pixel Launcher, Xiaomi Launcher, POCO Launcher, dan Launcher-launcher lainya.

Semakin banyak fitur yang terdapat pada launcher yang digunakan, semakin berat pula launcher tersebut. Belum lagi kalau banyak fitur juga banyak memakan memory ram hp.

8. Habis Update ROM Sehingga Menyebabkan HP Ngelag

Nah ada banyak kasus yang menyatakan kalau sehabis update rom, hp mereka menjadi ngelag dan lemot. Padahal sebelumnya lancar-lancar saja, hal ini dikarenakan rom terbaru anda menambahkan banyak fitur yang mengakibatkan penurunan performa.

Atau bisa juga dikarenakan rom yang anda pakai belum stabil atau masih dalam tahab beta atau uji coba. Jadi jangan update dan tunggu sampai versi stabilnya keluar.

9. HP Terkena Virus Atau Malware.

Alasan terakhir kenapa hp anda tiba-tiba bisa ngelag atau lemot adalah mungkin karena terkena virus ataupun malware. Biasanya ini terjadi karena anda sering menggunakan aplikasi modifikasi atau aplikasi dari peretasan.

Jika anda memasang aplikasi tersbut, kemungkinan besar aplikasi tersebut telah terinfeksi oleh virus sehingga dapat menurunkan kinerja hp anda.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? caranya mudah, cukup lakukan cara-cara berikut ini.

Cara Agar HP Tidak Lemot / Ngelag

Cara Mengatasi HP Ngelag Dijamin Langsung Lancar!

Nah jika anda sudah membaca penyebab-penyebabnya diatas, lalu bagaimana cara agar hp tidak ngelag atau lemot lagi? mudah cukup lakukan cara-cara berikut ini:

1. Bersihkan Cache 1 Minggu Sekali

Jika ingin hp anda tetap lancar dan tidak ngelag, pastikan untuk menghapus cache dari aplikasi-aplikasi anda sekurang-kurangnya 1 kali dalam seminggu. Kenapa harus 1 kali dalam seminggu?

Hal ini karena jika terlalu sering menghapus cache, bukanya malah lancar yang ada malah membebani memory ram hp anda. Jadi pastikan membersihkanya secara rutin yaa.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Jika kalian mulai merasakan ngelag pada hp kalian, sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang jarang atau tidak terpakai. Loh min kenapa harus dihapus? ya karena aplikasi yang terinstall itu kadang juga berjalan di latar belakang.

Jadi pastikan untuk menghapus aplikasi yang jarang atau sudah tidak terpakai demi memperlancar hp anda yaaa.

3. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan HP

Nah kali ini saya agak kurang merekomendasikan, mengapa? karena jika anda menonaktifkan aplikasi bawaan bisa membuat sistem operasi android anda terganggu.

Namun ada beberapa manfaat jika anda menonaktifkanya, berikut beberapa manfaatnya:

  • Menghemat penyimpanan.
  • Menggurangi penggunaan ram.
  • Membuat HP menjadi lebih ringan.
  • Membuat tampilan home page menjadi lebih bersih.

4. Gunakan Fitur Virtual Memory / Swab Memory RAM

Jika anda menggunakan hp tipe baru, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya fitur Virtual Memory atau bisa juga disebut SWAB Memory.

Jika anda merasa ram hp anda kurang, sebagai alternatif bisa menggunakan SWAB Memory. Anda bisa menambahkan sampai 4 GB ram tergantung dari spesifikasi hp anda.

5. Gunakan Launcher Bawaan HP

Selalu gunakan launcher bawaan rom hp anda jika spesifikasi hp anda terlalu rendah. Jika anda tetap ingin menggunakan launcher pihak kedua, pastikan terlebih dahulu kalau launcher tersebut tidak memiliki banyak fitur.

6. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Sebaiknya jangan coba-coba menggunakan wallpaper bergerak atau biasa disebut wallpapar live jika spesifikasi hp anda sangat jadul. Hal ini karena live wallpaper sangat mernguras memory ram hp anda.

Anda bisa menggunakan wallpaper yang aestetic, simple, atau elegan. Anda bisa mecarinya di Unsplash, di sana banyak sekali wallpaper bagus dan free yang dapat kalian unduh secara gratis.

7. Jangan Update / Upgrade ROM

Ada kalanya mengupdate versi rom mengakibatkan hp anda menjadi ngelag dan lemot. Jadi jika tetap ingin mengupdate rom hp anda, pastikan status dari rom tersebut bukan dalam tahab beta.

Karena jika masih tahab beta maka masih terdapat banyak bug yang biasanya dapat berakibat fatal untuk hp anda. Update jika versinya sudah dalam status Stable, pastikan pula untuk membackup kontak hp dan data-data hp anda sebelum melakukanya.

8. Hindari Penggunaan Aplikasi Bajakan.

Ini adalah poin paling penting, jangan coba-coba untuk menggunakan aplikasi bajakan karena biasanya aplikasi tersebut telah disisipi code-code berbahaya yang biasanya akan memperlambat kinerja ponsel anda.

Bukan hanya itu saja, jika terdapat virus atau malware biasanya akan mencuri data kita yang dapat berakibat sangat fatal.

Nah mungkin itu saja mengenai Cara Mengatasi HP Ngelag dan Lemot. Jika anda mengalami kendala dan mempunyai pertanyaan, bisa mengajukanya di kolom komentar. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *